Bintang Hantu



Bintang hantu adalah nama bintang yang digunakan para ahli astronoi untuk satu jenis bintang yang sangat aneh. Bintang jenis ini tidak dapat memancarkan cahaya samasekali tetapi menir semua yang cukup dekat dengannya dengan gaya gravitasnya yang amat kuat. Semua yang tertarik ke dalamnya langsung lenyap.

Para ahli astronomi berpendapat ada beberapa bintang hantu di luar angkasa tetapi sulit untuk memastikannya, knarena bintang hantu ini tak terlihat. yang harus dicari adalah benda-benda yang jatuh pada bintang tersebut. Sinar X dipancarkan ketika hal tersebut terjadi dan beberapa bintang sinar X yang ditemuka n oleh para ahli astronom mungkin saja merupakan bintang hantu.

Benda yang sangat aneh ini kemungkinan terjadi ketika sebuah bintang meledak. bagian dalam bintang, yang tertinggal setelah ledakan tertairk ke dalam dan terus tertarik lumat dan musnah. sangat sulit membayangkan hal ini terjadi tapi para ilmuan percaya bahwa hal ini dapat terjadi. Bila sesuatu yang besarnya 3 kali berat matahari kita luluh menjadi bintang hantu, gaya grafitasinya sangat kuat sampai-sampai cahayapun ikut tertarik. bila anda melempar bola ke udara, bola tersebut akan jatuh kembali karena gaya gravitasi bumi menariknya. Di sekitar bintang hantu bahkan dapat menarik pancaran cahaya kembali.

CIRI-CIRI BINTANG HANTU

Dengan sedikit peralatan, para ahlifisika telah mengembangkan suatu diskripsi yang cukup komprehensif tentang bintan-bintang hantu. Bintang hantu tidak memiliki ukuran dan bentuk dalam arti konvensional menurut Dr. John Wheeler dan Dr. Roomeo Ruffin dari Universitas Princeton. Akan tetapi benda ini berfungsi dalam lingkungan yang bergaris tengah kirsa-kira 15 km, mempunyai massa yang ukurannya mulai dari sebesar massa matahari sampai seatus juta kali besar massa matahari dan bertingkah laku seperti pusaran air. Ciri-ciri lain bintang hantu yang lebih aneh lagi yaitu ruang dan waktu saling tukar-menukar cirri masing-masing di dalam binatng hantu.

SALAH SATU BINTANG HANTU YANG DITEMUKAN

Lubang hitam supermasif ditemukan relatif dekat dengan galaksi raksasa M87, berjarak 50 juta tahun cahaya. Kemasifan blackhole atau sering disebut bintang hantu itu dua hingga tiga kali dibandingkan dengan yang pernah dibayangkan sebelumnya.

”Beratnya 6,4 miliar kali dibandingkan massa Matahari,” ujar Karl Gebhardt dari Universitas Texas di Austin, Amerika Serikat. Penemuan ini dilaporkan dalam pertemuan ke-214 Masyarakat Astronomi Amerika (AAS), Selasa (9/6) di California AS.

”Penemuan ini penting untuk mengetahui hubungan antara lubang hitam dan galaksi-galaksi,” kata Jens Thomas, peneliti di bidang Fisika Ekstraterestrial dari the Max Planck Institute Jerman. Dengan mengetahui hubungan ini, dapat diketahui lebih baik tentang pembentukan dan pertumbuhan galaksi-galaksi atau quasar yang tergolong kolosal sekitar 10 miliar massa Matahari.

Massa baru dari M87 berbasiskan sebuah model observasi terbaru dari Teleskop Gemini Utara di Hawaii, AS, dan didukung oleh teleskop sangat besar milik European Southern Observatory di Cile.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »