Tuesday, March 6, 2012

Asteroid, Komet, Meteroid, Meteor, & Meteorit

Asteroid

1.      Asteroid = Batu angkasa dengan diameter lebih kecil dari 1000km -biasanya terdiri atas karbon dan metal- yang mengorbit matahari. Asteroid di tatasurya kita kebanyakan berada di di "asteroid belt" antara mars dan jupiter. Meskipun terdapat jutaan asteroid di sana, masa seluruhnya digabung itu masih kurang dari 5% masa bulan kita.


2.      Komet = bola angkasa yang terdiri dari debu dan es yang dihasilkan dari Kuiper Belt atau The Oort Cloud, komet juga mengorbit matahari, tapi memiliki jarak orbit yang lebih jauh dari asteroid, dan umumnya berbentuk sangat elips, saat komet mendekati matahari, energi radiasi dari matahari akan membuat es menguap, jejak uap dari es ini tadi yang membuat komet seperti memiliki ekor.

Meteroid

3.      Meteroid = benda padat yang bergerak di angkasa, dengan ukuran yang lebih kecil dari asteroid dan lebih besar dari atom. Dalam banyak kasus, meteroid adalah pecahan dari asteroid yang saling bertubrukan.

Meteor

4.      Meteor = Meteoroid yang berhasil masuk ke atmosfer bumi, yang terbakar karena bergesekan dengan atmosfer hingga habis dan kadang menyisakan sedikit-banyak pecahan kecil

Meteorit

5.      Meteorit = Sisa meteor yang tidak terbakar habis oleh atmosfer planet (bumi), dan berhasil mendarat di bumi.

3 comments: