Minggu, 15 April 2012

Apa sih beda anime dan kartun?


Selama ini kita suka menyamakan film yang berbau animasi dibilang kartun. Sebenarnya tidak semua film animasi disebut kartun, contohnya anime, anime adalah sebutan dari film animasi buatan Jepang

Untuk lengkapnya, kita bahas sedikit tentang anime dan kartun

anime

Anime (Singkatan dari pelafalan Jepang untuk Animation menjadi Animeshon, disingkat anime), Sebutan untuk di luar Jepang khususnya di Barat adalah Japanase Animation. Animasi Jepang pertama kali dibuat pada tahun 1917, namun karateristik animasinya yang khas (anime style) nya terlihat pada tahun 1960-an , dari karya Osamu Tezuka. Untuk bentuk komik Jepang, sebutannya sendiri adalah manga (dibaca mangga), penggambarannya pun sama seperti anime namun pada manga tidak berbentuk warna layaknya anime

Anime dan manga mempunyai audensi yang besar di Jepang, dan sangat dikenal di dunia, distributor dapat me-release anime melewati siaran TV, ataupun siaran streaming melalui internet.

Anime memiliki gambar yang khas khususnya pada bentuk mata (khususnya karakter wanita) yang digambarkan besar, karena banyak yang menganggap mata yang besar terlihat lebih ‘cute’ ataupun imut, di Jepang sendiri biasa disebut moe.

contoh anime : Naruto, Inuyasha, Doraemon, Shin-chan , dan banyak lainnya

kartun

Cartoon, Memang bisa dipakai untuk menyebutkan film animasi, memang pada awalnya film animasi sendiri dibuat di negara barat khususnya amerika, Anime Jepang pun pada awalnya terinspirasi dari kartun buatan amerika, namun karena memiliki ciri khas yang berbeda, maka di Jepang tidak menggunakan isitlah kartun dalam animasinya melainkan anime

Menurut saya sendiri, apabila suatu komik / film animasi buatan Jepang, maka saya akan sebut anime bukan kartun, tapi kalau animasi buatan selain Jepang, saya akan sebut kartun khususnya buatan amerika

Contoh animasi film kartun : Tom And Jerry, Spongebob, Mickey Mouse, tokoh2 wald disney, dll.

Kesimpulannya, untuk menyebutkan animasi Jepang adalah anime bukan kartun, walaupun awalnya berasal dari kartun, anime menjadi suatu ciri khas budaya Jepang sendiri,yang memiliki banyak perbedaan dari kartun, seperti gambar dan penceritaan

22 komentar:

  1. oh baru tahu saya, sepertinya memang ada yang berbeda setelah saya baca ternyata berbeda. follow balik ya (85)

    BalasHapus
  2. Daripada tukeran link banner mending kita saling komen aja gan.. biar artikel kita lebih terlihat.. :)

    BalasHapus
  3. Wah gan, klo menurut ane, hanya perihal penyebutan saja. yang satu cartoon, yang satunya Anime, cuman Nippon membuat beda dikit dengan karakter morfologi mata yang besar

    BalasHapus
  4. etto, tambahan menurut pribadi saya. untuk alur cerita anime memiliki alur cerita yang lebih kompleks. sedangkan kartun ceritanya lebih simpel sehingga mudah untuk dimengerti.

    BalasHapus
  5. Steins gate misalnya anime ribet aha

    BalasHapus
  6. sayang sekali perbandingannya gak sesuai dengan sejarah dan asal usul istilah keduanya

    semua animasi merupakan kartun, tapi tidak semua kartun adalah animasi

    kartun itu hanya berupa 2D, sementara animasi bisa berupa 2D maupun 3D. animasi dan anime itu sama, tetapi anime(animasi) dengan kartun itu berbeda

    coba dicari lagi di google, modal wikipedia aja sudah membantu kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gini gan cuma mau meluruskan.. sebelumnya kita harus tau apa itu animasi.

      menurut kamus besar bahasa indonesia animasi itu adalah rangkaian lukisan atau gambar yg bergerak.

      apa ada kartun yg bergerak? gg kan berarti semua kartun itu juga termasuk animasikan.

      Hapus
  7. ...Menurutku penjelasan di post ini sudah membantu... Terimakasih..

    ... menjelaskannya memang harus secara gamblang kan? biar gak bingung ,dan merepotkan.apalagi kalau harus ngikutin dari sejarah pertama kali cartoon atau Anime lahir..., atau penjelasan ribet, uawah.. Merepotkan... Jadi intinya...
    Anime=Istilah yang dikhususkan untuk Gambar bergerak buatan Jepang.

    Selain dari itu Cartoon/Kartun,Wah haha~
    Semoga mereka yang bilang Anime favoritku sebagai Kartun bisa mengerti

    BalasHapus
  8. begitu ternyata...
    aku suka banget sama conan,komik ny seru,movie ny juga..
    klo' kamu gan..???

    BalasHapus
  9. Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
  10. pada bae lah,,,,cara nggawe ne pada,,,

    BalasHapus
  11. Thanks ya gan... Sangat membantu

    BalasHapus
  12. sama aja, cm nyebutnya aja yg beda. dua-duanya sama cartoon yg dianimasi

    BalasHapus
  13. Anime ( animasi ) dan kartun itu Bergerak .. jadi intinya ..
    Anime dan kartun itu sama ...
    Anime ( Kartun jepang ) *jangan marah karena siapa yang bilang kalo anime itu kartun amerika ?*
    Kartun ( kartun Amerika )

    BalasHapus
  14. klo saya lebih tertarik dengan anime soal nya anime itu jauh lebih sopan dri kartun amerika cba kalian perhatikan setiap mau makan,kluar rumah,dan pulang pasti ngucapin salam 'itadakimasu,tadaima,itterasai,okaeri,dll'. Sementara kartun amerika mana pernah melakukan hal itu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masalah mo ngucapin salam itu sudah kebudayaan kali. Topiknya jadi agak melenceng nih. Kalo menurut saya anime/kartun itu sama saja,yaitu sama2 gambar yang bergerak. Cuman perbedaan pengucapannya saja.

      Hapus
  15. Kalo Anime bukan film kartun,
    Dari pada gw nonton Anime, mendingan
    nonton film kartun jepang...

    BalasHapus
  16. Pendapat orang beda beda, mana yang bener .. :3

    BalasHapus
  17. anime sama catoon dasarnya sama ... cuman beda secara fisik.. contohnya payung gede yg bisa cuman bisa di bukak tutup seeperti biasa,,, sememntara ada payung yg lebih kecil yg lebih kompleks.. bisa di tutup dan di lipat lebih kecil... namun tetep saja sama2 payung....

    BalasHapus
  18. Kalo menurut saya anda terlalu berlebihan juga kalo menyebut animasi buatan selain Jepang dengan sebutan kartun. Karena kalo menurut saya justru anime dan kartun itu sama2 gambar yang bergerak,hanya perbedaan ucapannya saja. Contoh dari Korea ada Manhwa (komik buatan Korea) yang gambarnya mirip Manga (ex: Ragnarok,Goong dll). Jadi perbedaan kecil ini tak perlu dibesar2kan,ampe kita jadi terobsesi banget ama Jepang. Saya suka Jepang,suka kebudayaannya,musiknya,dan fashionnya,tapi saya juga tak lupa untuk mencintai kebudayaan dinegeri sendiri. (^_^).

    BalasHapus
  19. Baru Tau Arul.... :-D
    Follback kaks...

    BalasHapus